<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d4163943302457384655\x26blogName\x3dInfoGaya+Kuliner\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://infogaya-kuliner.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3din\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://infogaya-kuliner.blogspot.com/\x26vt\x3d8366469187975895443', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Selasa, 27 Desember 2011

Fengshui Bisnis Masakan Di Tahun Naga 2012

Garden Terrace, Four Seasons Hotel Jakarta, 22 Desember 2011 - Tahun Naga 2012 yang berawal pada tanggal 23 Januari 2012, konon akan membawa kekuatan dan enerji baru yang sangat positif. Menurut para pakar, malah dunia kita sejak tahun 2011 telah mempersiapkan diri untuk tahun naga ini. Tahun naga yang selalu menjadi symbol pembaharuan dan titik awal yang baru, dipercaya akan menjadi tonggak waktu yang menandai berbagai peristiwa.




Sejak tahun 2011, wilayah timur tengah bergolak dengan sangat cepat. Beberapa Negara telah mengalami perubahan rejim dan pemimpin. Dan diperkirakan tahun naga 2012 akan memunculkan sejumlah pemimpin baru.

Malah purnama 10 Desember 2011, yang mengalami gerhana bulan, dipercaya menjadi tabir yang memupus semua enerji negatif.

Ramalan penanggalan Mayan yang berhenti di tahun 2012, di interpertasikan bahwa tahun 2012, justru akan menjadi titik awal sebuah era yang benar-benar baru.

Tahun Naga air 2012, diprediksi menjadi pusaran enerji pertumbuhan yang baru. Dunia kita 2/3nya terdiri dari air. Tubuh kita 90% juga terdiri dari air. Dan Air merupakan sumber kehidupan bagi berbagai tanaman dan mahluk hidup. Tahun naga air juga merupakan tahun baik untuk menikah dan melahirkan putera dan puteri. Air memiliki kekuatan yang diahsyat pula. Maka tahun 2012, adalah tahun dimana kita ditantang untuk lebih kreatif dan inovatif. Tahun untuk menunggangi ombak.

Prospek Bisnis Terbaik 2012:
Bisnis yang dipengaruhi oleh elemen kayu dalam perhitungan fengshui seperti tekstil, kertas buku, media, makanan dan consumer goods diprediksi akan berjaya ditahun 2012. Porspek kedua datang dari bisnis yang memiliki elemen tanah dalam perhitungan fengshui, seperti pertambangan, property, dan asuransi. Bisnis ini juga diprediksi akan tumbuh baik. Hanya saja kompetisinya akan sangat ketat.

Bisnis yang diprediksi tidak akan sebaik kedua elemen diatas, adalah industri yang dipengaruhi oleh elemen air, seperti perbankan, IT, computer dan machinery, memerlukan bantuan inovasi dan kreatifitas yang luar biasa. Para ahli memberikan prediksi akhir bahwa pasar saham dan industry keuangan akan tetap gunjang ganjing ditahun 2012.

Apel Dan Pear Dari Wilayah NorthWest :
Wilayah yang membentang sepanjang NorthWest Pacific, seperti negara bagian Washington dan Oregon di Amerika, dikenal memiliki keramahan alam dengan hasil pertanian hortikulturanya yang berkualitas tinggi. Konsumen Indonesia sudah mengenal buah-buah-an dari wilayah ini, terutama untuk jenis-jenis buah apel, buah pir, dan buah cherry, lebih dari 20 tahun lamanya. Konon menurut ahli fengshui karena wilayah itu memiliki simbol tubuh naga yang melintang. Jadi tahun 2012, buah apel dan pear dari wilayah Northwest dipercaya memiliki enerji sangat positif.

Wilayah Northwest Pacific kaya dengan kesuburan tanah, iklim yang bervariasi, polusi yang sangat rendah, dan pengunungan es yang membujur sepanjang wilayah. Dimusim panas galcier dari pegunungan es ini mencair dan menjadi sumber air yang sangat murni dan penting bagi pengairan. Glacier yang mencair ini juga menciptakan sejumlah danau, mulai dari yang besar hingga yang kecil. Sehingga wilayah Washington misalnya dikenal sebagai Negara bagian dengan 1.000 danau.

3 koperasi petani Amerika, Washington Apple Commission, Northwest Cherry, dan USA Pears, menggalang sebuah promosi edukasi, untuk memotivasi konsumen dan praktisi kuliner untuk memberdayakan dan mempertinggi konsumsi buah segar dalam diet masyarakat Indonesia sehari-hari.

Gaya hidup kota-kota besar dengan ritme kehidupan yang semakin kompetitif, dan tingkat polusi yang semakin tinggi, menciptakan serangan-serangan baru yang mengancam kesehatan kita bersama. Pemberdayaan diet yang sehat dengan lebih banyak sayur dan buah segar, merupakan salah satu solusi yang bisa memperbaiki hidup kita.

Dengan dasar tujuan diatas, Chef selebriti Vindex Tengker dan Haryanto Makmoer, mengadakan sejumlah peragaan dan demo, di kota-kota Jakarta, Bandung, Djogjakarta, dan Bali, untuk mempromosikan kreasi inovatif baru baik untuk masakan dan kue dengan menggunakan aneka buah apel, buah pir dan buah cherry. Acara ini akan digelar mulai Desember 2011 hingga Agustus 2012.



Haryanto Makmoer yang lahir di Surabaya, 24 Maret 1960 ini lulus dari Akademi Pariwisata Trisakti tahun 1986. Selanjutnya pendidikan informal di bidang tata boga banyak diikutinya, baik di dalam maupun di luar negeri, diantaranya di Bangkok dan Paris. Haryanto Makmoer amat sering mengisi acara demo masak di tabloid Nova baik di Jakarta maupun luar Jakarta; mengisi acara demo masak bersama ibu Tuti Soenardi di SCTV dan TPI sebanyak + 50 episode. Selain itu beliau juga sering mengisi artikel di beberapa media misalnya Tabloid Nova dan Majalah Selera, dan mengajar di klub Nova, Sejak tahun 1993 hingga saat ini, beliau sebagai technical Service Manager di salah satu produsen penyuplai bahan baku untuk keperluan bakery, telah secara rutin memberikan pelatihan ketrampilan membuat roti di bakery-bakery di seluruh Indonesia.

Awalnya, menjadi seorang baker bukanlah cita-cita seorang Haryanto. "Saya bermimpi untuk bepergian ke luar kota saja tidak pernah. Apalagi bisa ke luar negeri. Sekarang saya bisa bepergian ke pelosok nusantara, bahkan bisa ke luar negeri," kenangnya. Sejak kecil ia memang sudah menyenangi kegiatan keterampilan memasak yang sering dilakukannya bersama sang ibu saat masih remaja di kota Surabaya. "Sama sekali tidak pernah kepikiran melanjutkan pendidikan ke bidang pariwisata bahkan ke arah F&B. Semuanya mengalir begitu saja. Saya cuma kepikiran dengan kata-kata seorang kakak sepupu yang bercerita bahwa seorang lulusan SMA di Jakarta hanya jadi tukang sapu saja," ujarnya sambil tersenyum. Tak ingin menjadi sekedar lulusan SMA, Haryanto memutuskan hijrah ke Jakarta untuk melanjutkan pendidikannya. Pilihannya hanya tertuju kepada Akademi Pariwisata Trisakti (sekarang dikenal sebagai Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti).

Sejalan dengan waktu, Haryanto menjadi jatuh cinta dengan ilmu yang ia pelajari, "Saat teman-teman lain pulang dan gaul, saya malah memilih membantu dosen untuk mempersiapkan bahan-bahan untuk praktek keesokan hari," ujar pria penyuka makanan Korea dan Jepang ini. Namun ketekunannya membawa hasil, setelah lulus ia pun melamar menjadi asisten dosen. Hingga akhirnya sang dosen, Sisca Soewitomo menawarkan pekerjaan lain yang dianggap lebih prestise.

Berani meninggalkan comfort zone, Haryanto menjalani kemampuannya bergabung dengan LKI (Lembaga Kuliner Indonesia) dan berkenalan dengan Hiang Marahimin, Toeti Soenardi dan William Wongso.



Pria kelahiran Jakarta 24 November 1968 yang bernama lengkap Vindex Valentino Tengker ini memulai karir-nya sebagai chef sejak tahun 1989. Berbagai pengalaman sudah didapatkan dari berbagai negara dan hotel berbintang, diantaranya Hotel Amandari, Bali Dynasty, Dubai, Mallorca, Hotel Four Seasons, Los Angeles, Bali dan jakarta. Beliau ini adalah Presiden Assosiasi Culinary Professional Indonesia yang juga menjabat sebagi Chef Eksekutif di Hotel Four Seasons, Jakarta.

Update terbaru, Chef Vindex sudah bekerja di Dharmawangsa Hotel.
Walau Chef asal Manado ini lahir di Jakarta, beliau lebih merasa Bali adalah rumahnya.
"Bali lebih baik, untuk pekerjaan juga bagus, disana tidak macet dan kita bisa tahu durasi yang dibutuhkan untuk menuju suatu tempat, tidak seperti Jakarta, sulit diprediksi. Apabila mengemudi 30 menit, kadang bisa membutuhkan 2 jam. Hal pni membuat frustasi", katanya.

Chef Vindex punya impian untuk pensium di Bali, tapi sekarang ini beliau masih ingin terus bekerja di berbagai hotel di Asia. "Mungkin saya akan membuka sebuah restoran dengan masakan rumahan".

Perjalanan Karir
Chef Vindex tertarik dengan memasak karena sejak kecil beliau suka membantu neneknya memasak. Apalagi beliau suka makanan apa aja. Menurut Chef Vindex, memasak itu adalah bakat karena ada orang yang suka masak tapi selalu gagal.
Setelah lulus dari LPLIP (Lembaga Pendidikan dan Latihan Industri Pariwisata) yang sekarang namanya APJ (Akademi Pariwisata Jakarta), beliau bekerja sebagai chef di berbagai hotel international.
Setahun bekerja di Hotel Amandari, Chef Vindex pindah ke Bali Dynasty. Lalu setahun kemudian beliau berhenti dan pindah ke Spanyol karena mendapat tawaran kerja di sebuah restoran Indonesia di Mallorca, Spanyol

Pada Wine and Cheese Expo 2010, Chef Vindex hadir sebagai Master Of Asian Fusion Recipes.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda